Rabu, 30 Juni 2010

Contoh RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah : ...............
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : IV / I
Alokasi Waktu : 1 X 35 Menit
Hari, Tanggal : Selasa, 04 Agustus 2009

I. Standard Kompetensi
3. Memahami hubungan antar struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya

II. Kompetensi Dasar
3.1. Mendeskripsikan hubungan antar struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya.

III. Indikator
3.2. Menulis bagian bagian kerangka manusia

IV. Tujuan Pembelajaran
Melalui ceramah, pengamatan, tanya jawab dan diskusi siswa diharapkan dapat:
 Menuliskan minimal 3 bagian rangka manusia
 Menunjukan pada model bagian rangka manusia
 Menuliskan minimal 3 kegunaan rangka manusia

V. Materi pembelajaran
- Kerangka manusia serta fungsinya
1. Rangka Kepala
2. Rangka Badan
3. rangka anggota gerak
VI. Metode Pembelajaran
6.1. Inquiri
6.2. Diskusi
6.3. Kerja Kelmpok
6.4. Tanya Jawab

VII. Kegiatan Pembelajaran
7.1. Pendahuluan (5 Menit)
7.1.1. Mengkondisikan siswa kedalam situasi pembelajaran melalui pengabsenan, berdo’a dan penyampaian tujuan pembelajaran
7.1.2. Bertanya jawab mengenai tangka manusia serta fungsinya

7.2. Kegiatan inti (20 Menit)
7.2.1. Eksplorasi (7 Menit)
-

-

- Guru menyediakan gambar rangka manusia sebagai bahan pengamatan siswa
Guru menyiapkan LKS yang berhubungan dengan materi pembelajaran
Siswa mencatat materi yang ada pada LKS tentang rangka manusia

7.2.2. Elaborasi
- Siswa berdiskusi dengan kelompoknya hasil pengamatan diatas
- Siswa melaporakan hasil diskusi tentang bagian-bagian rangka manusia serta kegunaannaya
7.2.3. Konfirmasi (6 Menit)
- Guru memberikan penguatan dan penjelasan tambahan
- Melakukan evaluasi
- Menganalisa Keberhasilan siswa dalam KKM
7.3. Kegiatan Penutup
7.3.1. Melaksanakan refleksi pembelajaran
7.3.2. Memotivasi siswa untuk belajar dirumah banyak membaca


VIII. Alat dan Sumber
8.1. Sumber buku IPA untuk SD kelas 4 penerbit PT. sarana Pancakarya Nusantara
8.2. Alat bantu dengan gambar rangka manusia

IX. Penilaian
9.1. Penilaian Proses
9.1.1. Kinerja pada saaty melakukan pengamatan
9.2.2. Kinerja pada saat kerja kelompok atau diskusi

9.2. Penilaian Akhir
Mengerjakan soal
1) Kinerja pada saat kerja kelompok atau diskusi
2) Jelaskan fungsi kerangka
3) Sebutkan rangka yang melindungi otak
4) Sebutkan rangka yang melindungi jantung
9.3. Kunci Jawaban
1) Rangka kepala, rangka badan dan rangka anggota gerak
2) Melekatnya otot, menegakan tubuh melindungi organ-organ tubuh dan membentuk tubuh
3) Rangka kepala
4) Rangka badan

9.4 Kriteria Penilaian
Tiap skor mempunyai score 25, maka yang betul semua 100


Teman Sejawat




HODIDJAH
NIP. 195010091978112001 04 Agustus 2009
Pratikan



DUDIN
NIM 818078353


Mengetahui, Kepala Sekolah





H A Y A T
NIP.195008031972041001

0 komentar:

Poskan Komentar